Welcome to The More Colorful World!

Tulisan ini terpikirkan tadi pagi waktu gw berangkat ke kantor sambil memandang Gunung Salak dari kejauhan.

Tadi malam, salah satu kakak senior dari klub diving di kampus menelfon. Sudah cukup lama juga gw nggak ngobrol sama kakak ini. Dan dia nelfon tepat setelah gw membuat twit seperti ini:

“Rasanya.. Apapun masalahnya.. Kalo inget sabtu latihan nyelem, langsung seger lagi.. :)”

Ya, akhir-akhir ini gw memang sedang mengalami tekanan di beberapa sisi kehidupan. Kerjaan, percintaan, pertemanan, keuangan.

Dalam bulan November ini, gw 3 kali mengalami jatuh miskin. Sempat kaya raya, lalu jatuh miskin demi berobat jerawat ke dokter kulit, lalu kaya raya lagi, miskin lagi karena uangnya dipakai modal usaha nyokap, lalu kaya lagi, lalu miskin lagi demi menanggulangi rumah yang hampir disegel. Dan ini tanggal 30. Titik nadir dimana gw merasa menjadi manusia paling miskin sekantor.

Lalu pekerjaan. Ini yang paling complicated diantara semua masalah yang bikin gw susah buang air besar.

Mungkin jenuh. Semua orang juga pasti mengalami jenuh terhadap pekerjaannya. Dan gw baru merasakan ini. Jenuh…hingga yang ada di otak gw cuma: resign.. resign.. resign.

Dan segambereng tekanan hidup lainnya.

Lalu gw membuat twit barusan. Seriously… This diving thing really makes me feel much better.

Apnea, atau menyelam dan berenang di dasar kolam itu sungguh-sungguh membuat gw merasa seperti superman. Dari yang awalnya gw takut banget berenang di dasar kolam, sampe gw sekarang yang nggak sabar pengen berenang dan “jadi superman lagi”.

Lalu kakak yang gw ceritakan di awal tadi, menelfon. Seperti pembicaraan yang selalu terjadi antara gw dan dia, gw selalu bersemangat menceritakan apapun. He’s a very good listener. Bagai mencari air ke sumber mata airnya, gw cerita semua pengalaman belajar diving gw ke dia. Mulai dari gw yang udah nggak takut lagi nyelem ke dasar, gw yang susah banget belajar buoyancy, sampe gw yang udah nggak sabar buat nyelem ke laut beneran. Hahaha…

Then he said, “Welcome to this world Ri. Welcome to the more colorful world.”

Ah… Apapun itu, gunung, laut…semuanya memang akan terlihat satu warna saja dari kejauhan. Siapa yang akan menyangka bahwa dunia bawah laut penuh dengan makhluk hidup yang beraneka warna, jika tidak ada yang pernah menyelami kedalamannya. Siapa yang tahu bahwa di gunung, ada bunga, daun, serangga, burung-burung beraneka warna yang kadangkala bersembunyi, mengintip atau mengejutkan secara tiba-tiba.

Dan gw merasa ini sudah sangat dekat sekali. Untuk menjadi salah satu manusia yang paling beruntung di dunia. Menyaksikan keindahan di tempat-tempat yang membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Tempat-tempat yang penuh dengan keindahan yang lebih dari sekedar keindahan biasa.

About rpatriana

"a frog who try to sneak out of the coconut shell" - 2dayanotherday.wordpress.com
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

